Kamis, 04 Oktober 2012

Targeting


Targeting

Targeting : Targeting adalah proses mengevaluasi segmen pasar dan memusatkan upaya pemasaran pada negara, kawasan atau kelompok orang yang memiliki potensi signifikan untuk beraksi secara positif terhadap stimulus pemasaran dari perusahaan. Proses targeting mencerminkan kenyataan bahwa perusahaan harus mengidentifikasi pelanggan yang dapat diakses dan dilayani secara efektif dan efisien.
Penetapan Target Pasar :
(1)  Diferensiasi segmen, bidang usaha yang membedakan segmen pasar sehingga  perusahaan menyediakan kebutuhan produk berbeda untuk tiap segmen yang berbeda pula disesuaikan dengan kebutuhan tiap segmen dan memberikan berbagai varian dari produk yang ditawarkan.

(2)   Undiferensiasi segmen, bidang usaha yang tidak membedakan segmen pasar.

(3)  Consentrate marketing, spesifikasi usaha yang maksudnya adalah perusahaan berkonsentrasi melayani kebutuhan dalam kelompok tertentu karena tidak semua orang bisa menikmati produk yang tersedia.

(4)  Market coverage strategy, merupakan strategi yang dilakukan dengan menggunakan sistem membership serta produk tidak dijual bebas (hanya di toko sendiri) sehingga dapat memudahkan konsumen dan produsen.
Jika sewaktu-waktu ada perusahaan yang memilih berkonsentrasi pada segmen tertentu saja, Hal itu dilakukan karena dana yang terbatas, segmen tersebut tidak memiliki pesaing, dan merupakan segmen yang paling tepat sebagai landasan untuk ekspansi ke segmen lainnya.
Proses Targeting
1.       Makin besar segmen, kecenderungan konsumen untuk memilih makin besar.
2.       Jika akan merumuskan targeting, rumuskan atau defenisikan pasar potensial terlebih dahulu.
Pentingnya Targeting :
  
1.Jika Anda bisa melakukannya dengan baik, sumber daya yang Anda miliki akan memberikan hasil yang menguntungkan bagi perusahaan Anda.
2.Hal ini karena strategi targeting yang tepat membuat Anda mampu mengalokasikan sumber daya secara efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar