Targeting : Targeting adalah proses
mengevaluasi segmen pasar dan memusatkan upaya pemasaran pada negara, kawasan
atau kelompok orang yang memiliki potensi signifikan untuk beraksi secara
positif terhadap stimulus pemasaran dari perusahaan. Proses targeting
mencerminkan kenyataan bahwa perusahaan harus mengidentifikasi pelanggan yang
dapat diakses dan dilayani secara efektif dan efisien.
Penetapan Target Pasar :
(1) Diferensiasi segmen, bidang usaha yang membedakan
segmen pasar sehingga perusahaan menyediakan kebutuhan produk berbeda untuk
tiap segmen yang berbeda pula disesuaikan dengan kebutuhan tiap segmen dan
memberikan berbagai varian dari produk yang ditawarkan.
(2) Undiferensiasi segmen, bidang usaha yang tidak membedakan
segmen pasar.
(3) Consentrate marketing, spesifikasi usaha yang maksudnya
adalah perusahaan berkonsentrasi melayani kebutuhan dalam kelompok tertentu
karena tidak semua orang bisa menikmati produk yang tersedia.
(4) Market coverage strategy, merupakan
strategi yang dilakukan dengan menggunakan sistem membership serta produk tidak
dijual bebas (hanya di toko sendiri) sehingga dapat memudahkan konsumen dan
produsen.
Jika
sewaktu-waktu ada perusahaan yang memilih berkonsentrasi pada segmen tertentu
saja, Hal itu dilakukan karena dana yang terbatas, segmen tersebut tidak
memiliki pesaing, dan merupakan segmen yang paling tepat sebagai landasan untuk
ekspansi ke segmen lainnya.
Proses
Targeting
1.
Makin
besar segmen, kecenderungan konsumen untuk memilih makin besar.
2.
Jika
akan merumuskan targeting, rumuskan atau defenisikan pasar potensial terlebih
dahulu.
Pentingnya
Targeting :
1.Jika
Anda bisa melakukannya dengan baik, sumber daya yang Anda miliki akan
memberikan hasil yang menguntungkan bagi perusahaan Anda.
2.Hal ini karena strategi targeting yang tepat
membuat Anda mampu mengalokasikan sumber daya secara efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar