Merek atau Brand adalah nama
atau simbol yang bersifat membedakan ( baik berupa logo, cap/ kemasan )
untuk menentukan identitas suatu barang atau jasa dari seorang penjual
atau sekelompok penjual.
Brand adalah tanda pembeda yang
digunakan suatu badan usaha sebagai penanda identitasnya dari produk
barang atau jasa yang dihasilkannya kepada konsumen. Selain itu juga
untuk membedakan usaha tersebut maupun barang atau jasa yang
dihasilkannya dari badan usaha lain.
Pada umumnya, merek dapat berupa nama, kata, frasa, logo, lambang,
desain, gambar, atau kombinasi dua atau lebih dari unsur tersebut.FUNGSI BRAND
• Tanda Pengenal untuk membedakan hasil
produksi yang dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara
bersama-sama atau badan hukum dengan produksi orang lain atau badan
hukum lainnya.
• Sebagai alat promosi, sehingga mempromosikan hasil produksinya cukup dengan menyebutkan mereknya.• Sebagai jaminan atas mutu barangnya.
• Menunjukkan asal barang/jasa dihasilkan.
Pendaftaran Merek
Yang dapat mengajukan pendaftaran merek adalah :
• Orang.
• Badan Hukum.
• Beberapa orang atau badan hukum (pemilikan bersama).
Fungsi pendaftaran merek
• Sebagai alat bukti bagi pemilik yang berhak atas merek yang telah didaftarkan.
• Sebagai dasar penolakan terhadap merek yang sama secara keseluruhan atau sama pada pokoknya
yang dimohonkan pendaftaran oleh orang lain untuk barang atau jasa sejenis.
• Sebagai dasar untuk mencegah orang lain memakai merek yang sama secara keseluruhan atau sama
pada pokoknya dalam peredaran untuk barang atau jasa sejenis.
Unsur-unsur brand
• Nama : Kata atau kata-kata yang dipakai untuk memperkenalkan perusahaan, produk, layanan,
konsep.
• Logo : Merek dagang visual yang memperkenalkan brand.
• Slogan : Nokia “ connecting people “, AirAsia “ Now Everyone Can Fly “.
• Bentuk : Bentuk khas dari botol coca-cola atau Volkswagen beetle adalah unsur merek dagang dari
brand tersebut.
• Grafis : Pita putih adalah salah satu bagian merek dagang dari brand coca-cola.
• Warna : Owens-Corning adalah salah satu brand (glass -fiber) berwarna merah muda.
• Suara : Sebuah lagu yang unik atau serangkaian catatan yang dapat “ menunjukkan “ brand tersebut.
Salah satu contohnya : NBC.
• Gerakan : Lamborghini membuat hak paten merek dagang yaitu pintu mobil yang bergerak naik
keatas.
• Rasa : KFC memiliki merek dagang resep khusus dari 11 rempah-rempah untuk ayam gorengnya.
Brand Lokal
Yang dapat mengajukan pendaftaran merek adalah :
• Orang.
• Badan Hukum.
• Beberapa orang atau badan hukum (pemilikan bersama).
Fungsi pendaftaran merek
• Sebagai alat bukti bagi pemilik yang berhak atas merek yang telah didaftarkan.
• Sebagai dasar penolakan terhadap merek yang sama secara keseluruhan atau sama pada pokoknya
yang dimohonkan pendaftaran oleh orang lain untuk barang atau jasa sejenis.
• Sebagai dasar untuk mencegah orang lain memakai merek yang sama secara keseluruhan atau sama
pada pokoknya dalam peredaran untuk barang atau jasa sejenis.
Unsur-unsur brand
• Nama : Kata atau kata-kata yang dipakai untuk memperkenalkan perusahaan, produk, layanan,
konsep.
• Logo : Merek dagang visual yang memperkenalkan brand.
• Slogan : Nokia “ connecting people “, AirAsia “ Now Everyone Can Fly “.
• Bentuk : Bentuk khas dari botol coca-cola atau Volkswagen beetle adalah unsur merek dagang dari
brand tersebut.
• Grafis : Pita putih adalah salah satu bagian merek dagang dari brand coca-cola.
• Warna : Owens-Corning adalah salah satu brand (glass -fiber) berwarna merah muda.
• Suara : Sebuah lagu yang unik atau serangkaian catatan yang dapat “ menunjukkan “ brand tersebut.
Salah satu contohnya : NBC.
• Gerakan : Lamborghini membuat hak paten merek dagang yaitu pintu mobil yang bergerak naik
keatas.
• Rasa : KFC memiliki merek dagang resep khusus dari 11 rempah-rempah untuk ayam gorengnya.
Brand Lokal
Brand atau merek yang di jual dan
dipasarkan ( didistribusikan dan dipromosikan ) dalam area terbatas dan
relatif kecil. Sebuah brand lokal adalah brand yang dapat ditemukan
dalam satu Negara atau wilayah.
Ini dapat disebut merek daerah jika daerah tersebut meliputi lebih dari satu pasar kota metropolis(peme- rintahan, industri, perdagangan atau kegiatan tertentu lainnya). Dan juga brand yang dikembangkan un- tuk pasar nasional tertentu.
Ini dapat disebut merek daerah jika daerah tersebut meliputi lebih dari satu pasar kota metropolis(peme- rintahan, industri, perdagangan atau kegiatan tertentu lainnya). Dan juga brand yang dikembangkan un- tuk pasar nasional tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar